Selasa, 31 Mei 2011

Satuan Layanan Bimbingan

A.     Pokok Bahasa                    :Minat Membaca
B.     Tugas Perkembangan          :Mengembangakan minat menbaca yang baik
C.     Bidang Bimbingan   :Belajar
D.     Jenis Layanan                     :Pemberian informasi dan Bimbingan Klasikal
E.      Fungsi Bimbingan                :Pemahaman, Pengembangan dan Pencegahan
F.      Sasaran                              :Siswa kelas X SMA
G.     Standar Kompetensi           :Sesudah mengikuti kegiatan ini siswa diharapkan dapat memahami dan meningkatkan minat membaca yang baik
H.     Kompetensi Dasar              :Agar siswa memiliki minat membaca
I.        Indikator                            :Sesudah mengikuti kegiatan ini siswa diharapkan:
1.      Menjelaskan Arti minat membaca
2.      Menyebutkan manfaat dari minat membaca
3.      Menyebutkan cara-cara untuk meningkatkan minat membaca
J.       Materi                                :
1.      Arti minat membaca
2.      Manfaat dari minat membaca
3.      Cara-cara meningkatkan minat membaca
K.    Metode                              :Ceramah singkat, Instrumen, Tanya jawab, dan sharing
L.      Waktu                                :1x24 menit
M.   Tempat                               :Ruang Kelas
N.    Media                                :Handout, Instrumen, Laptop, LCD
O.    Prosedur                            :
1
Intrakurikuler
Waktu
2
Pembukaan
Memberikan pengantar dengan menjelaskan definisi minat membaca
5^
3
Menjelaskan manfaat dari minat membaca
10^
4
Menjelaskan cara-cara meningkatkan minat membaca
5^
5
Mengisi lembaran instrument yang dibagikan sesuai dengan penjelasan
10^
6
Mengecek jawaban dalam instrument, dan beberapa siswa diminta untuk mensharingkan jawabannya serta siswa juga diminta untuk menentukan usaha-usaha untuk mewujudkan minat membaca yang baik
5^
7
Menarik kesimpulan dari kegiatan yang telah diselenggarakan
5^
8
Meminta siswa untuk membuat pernyataan hasil belajar setelah mengikuti kegiatan ini
5^
Kegiatan Kokurikuler:Siswa diminta secara konsekuen melakukan hal-hal yang direncanaka untuk meningkatakan minat membacanya.
P.      Evaluasi                              :
1.      Spesifik            :
a.       Jelaskan arti minat membaca!
b.      Jelaskan manfaat minat membaca!
c.       Jelaskan cara-cara meningkatkan minat membaca!
2.      Global              :Seberapa besar manfaat kegiatan ini bagi kamu?
a.       Sangat Bermanfaat!
b.      Bermanfaat!
c.       Kurang Bermanfaat!
Q.    Rencana Tindak Lanjut       :Konseling bagi yang membutuhkan
R.     Sumber Pustaka                 :
Prasetyono, Dwi Sunar.2008.Rahasia Gemar Membaca.Yogyakarta:Think

Mengetahui                                                                            Yogyakarta,22 Desember 2010
Koordinator Bk                                                                     Perencana Pelayanan
Kepala Sekolah                                                                      Guru BK
(…………………)                                                             (………………….)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar